Jumat, 22 Desember 2017

Waspada, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Hamil Agar Janin Tetap Sehat



Agar kehamilan tetap sehat, ada beberapa hal yang kelihatannya aman dilakukan namun ternyata bisa membahayakan janin, seperti mengonsumsi ikan, menggunakan kosmetik, dan melakukan sauna. Selain itu apakah Anda sudah tahu kalau mengonsumsi jus untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan?
Masih ada beberapa pantangan yang perlu Anda ketahui demi menjaga kehamilan. Kira-kira apa saja? Baca terus artikel ini sampai habis ya!

1. Jangan Sembarangan Mengonsumsi Jus Buah
Saat Anda tidak hamil mengonsumsi berbagai macam jus buah untuk memenuhi nutrisi tubuh memang sangat dianjurkan. Namun, saat hamil Anda harus memilih jus buah yang Anda konsumsi dengan hati-hati. Sayangnya tidak semua buah dapat membantu perkembangan janin, bahkan bisa membahayakan. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari beberapa buah ini saat hamil muda dan ketika dalam periode kehamilan.
Seperti buah pepaya misalnya. Buah pepaya bisa menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan memicu kelahiran prematur. Sama halnya seperti nanas, buah ini mengandung bromelain yang dapat melunakkan leher rahim sehingga dapat memungkinkan terjadinya keguguran. Karena itu, Anda harus lebih teliti untuk mengonsumsi jus buah. Jangan sampai jus tersebut mengandung buah yang tidak seharusnya Anda konsumsi. Lebih baik Anda memilih jus untuk ibu hamil kemasan yang memang benar-benar sudah terjamin kandungannya.

2. Jangan Menggunakan Obat Nyamuk
Perlu diketahui, saat hamil sebaiknya Anda tidak menggunakan obat nyamuk dalam bentuk apapun, baik itu yang semprot atau oles. Sebab obat anti nyamuk mengandung bahan kimia aktif yang dapat memicu kerusakan syaraf. Obat anti nyamuk semprot mengandung minyak tanah yang dapat merusak ginjal pada janin, sedangkan yang oles mengandung bahan korosif yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Lebih baik ganti obat nyamuk dengan menggunakan minyak kayu putih saja ya.

3. Menggunakan Pakaian Ketat dan High Heels
Penampilan memang penting bagi wanita, namun saat Anda sedang hamil coba perhatikan pakaian yang Anda gunakan ya. Jangan sampai mengganggu bayi atau bahkan kenyamanan Anda. Hindarilah pakaian yang terlalu ketat dan high heels.
Perut yang tertekan bisa membuat janin ikut tertekan. Selain itu, high heels hanya akan membuat kaki Anda tidak nyaman dan bisa mengakibatkan ketegangan otot. Namun tak perlu khawatir, sekarang ini meski tanpa pakaian ketat dan high heels, masih banyak pakaian yang bisa membuat Anda tampil elegan kok!
Keep your body and your baby healthy Mom! (Rima)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►